Kamis, 30 Agustus 2012

CARA KERJA KOMPRESOR UDARA


Kompresor Udara – Komproser umum digunakan tuk kebutuhan mekanik ataupun kerja lapangan lain yg memang membutuhkan alat kompresor ini, kompresor sendiri merupakan peralatan mekanik yg  dapat dipakai tuk memberikan energi kepada fluida gas/udara, sehingga gas/udara dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain secara terus menerus.

Cara kerja kompresor udara pada umumnya  apabila suatu gas/ udara didalam sebuah ruangan tertutup lalu ditekan volumenya hingga ke titik tertentu, secara otomatis  gas/ udara tersebut akan mengalami kompresi. Kompressor yg memakai azas ini disebut kompressor jenis displacement dan prinsip kerjanya dapat gambarkan seperti dibawah ini:




Jika mengacu pada cara kerja kompresor udara, maka akan dibagi menjadi dua bagian, yg pertama adalah Displacement (torak) dan kedua adalah Dynamic (rotary) yg mengalirkan udara melalui putaran sudu berkecepatan tinggi.
Proses dan cara kerja kompresor udara  yg terjadi pada kompressor torak dapat dijelaskan dgn menggunakan pendekatan seperti terlihat pada dibawah ini





Langkah kompresi pada torak dimulai pada titik (1) diagram P-V, lalu bergerak ke kiri dan udara dimampatkan hingga tekanan naik ke titik (2). Pada bagian ini tekanan dalam silinder mencapai harga tekanan Pd yg lebih tinggi dari pada tekanan dalam pipa keluar (atau tangki tekan) yg berakibat katup keluar pada kepala silinder akan terbuka. apablia torak terus bergerak ke kiri, udara akan didorong keluar silinder pada tekanan tetap sebesar Pd. Di titik (3) torak sampai pada titik mati atas, yaitu titik akhir gerakan torak pada langkah kompresi dan pengeluaran.





Dari gambar diatas  telihat gambar dan susunan konstruksi kompressor yg menarangkan  secara visual bahwa udara masuk melalui air intake filter diisap oleh torak sampai ke titik maksimum bawah. Sebelum masuk ke torak udara didalam kartel bersamaan dihsap melalui pipa vacum, yang menyebabkan  tidak terjadinya vacum di dalam kartel. lalu udara yg vacum di silinder keluar melalui pipa vacum.

Mengenal Kondensasi Uap Air
Udara yg diisap dan diendapkan didalam kompressor akan mengandung uap air dalam jumlah volume yang besar. apabila uap ini didinginkan maka udara yg keluar dari kompressor yang berakibat pada uap akan mengembun menjadi air. Air ini akan terbawa ke mesin/ peralatan yg menggunakannya dan mengakibatkan kerusakan pada pelumasan, korosi dan peristiwa water hammer pada piping system.

Aftercooler merupakan heat-exchanger yg berfungsi tuk mendinginkan udara/ gas yang dihsilkan o leh kompresor tuk membuang uap air yg tidak diinginkan sebelum dikirim ke alat lain. Uap air dipisahkan dari udara dgn cara pendinginan dgn air atau oli pendingin.




Sumber: martinwahyunus.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar